10 Oktober 2009

Resume Gempabumi Padang

Informasi ini merupakan resume gempabumi Padang dari USGS (U.S Geological Survey). Setidaknya 1100 orang tewas, 2181 luka-luka dan ribuan masih hilang di daerah Padang. Lebih dari 2.650 bangunan rusak dan terjadi tanah longsor yang menimbun 4 desa serta komunikasi terganggu. Gempabumi dirasakan di seluruh Sumatera dan Jawa, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. terjadi gelombang tsunami dengan skala lokal kecil dengan ketinggian dari 27 cm (diukur amplitudo relatif normal permukaan laut)


September 30, 2009 terjadi gempabumi di Sumatera Barat (padang dan sekitarnya) sebagai akibat dari dorongan miring-faulting dekat antarmuka subduksi pelat batas antara Australia dan lempeng Sunda. Di lokasi gempa bumi ini, Lempeng Australia bergerak ke utara-timur laut terhadap lempeng Sunda dengan kecepatan sekitar 60 mm / thn.

Kemungkinan bahwa gempa ini terjadi dalam subducting Lempeng Australia daripada di piring antarmuka itu sendiri. Gempabumi itu lebih dalam daripada tusukan khas subduksi gempa bumi yang umumnya terjadi pada kedalaman kurang dari 50 km. Sehingga kerusakan yang diakibatkan cukup parah.
(sumber : USGS)





Comments :

7 komentar to “Resume Gempabumi Padang”

Ghustie Samosir mengatakan...
on 

astaga, dah 1100 orang yang tewas yach?? hiks, tragis banget yach, yang aku agak bingung, kenapa yach daerah Indonesia rawan bencana gempa bumi, apa letaknya atau karna apa yach?? :-/

Regards,

Ghustie Samosir

www.hanyainfo.blogspot.com


Modal 10 ribu bisa dapat 3 x lipat atau lebih??
KLIK DISINI dan DISINI

si Rusa Bawean mengatakan...
on 

gempa oh gempaa

TRIMATRA mengatakan...
on 

gempa bumi memang bencana alam dengan kerusakan yang besar, sebab semua kebutuhan terpenting manusia berada di atas tanag/bumi.

kapan yah bisa meprediksi gempa bumi secara akurat dan tepat waktu???

Iklan Gratis mengatakan...
on 

bener2 bencana yang besar banget ..
hingga 1100 yang meninggal, masih mungkin nambahkah angka ini ?
semoga korban2 yang selamat dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta yang telah berpulang ditempatkan di sisiNya .. amin ..

Iklan Gratis

Anonim mengatakan...
on 

setelah saya membaca artikel ini, saya mencari artikel2 lain yg ada di postingan Anda pada label seismologi. tp ternyata nggak ada postingan lain yg membicarakan ttg gempa padang ini ditinjau dr mata BMKG sndiri.
Anda memperkenalkan diri bekerja di BMKG tapi menampilkan tulisan dengan bersumber dr USGS dan tidak memberikan berita yg bersumber dr kacamata BMKG itu sendiri. Oh betapa kecewa saya sebagai orang Indonesia yg notabene gempa itu terjadi di negeri Anda sendiri. Tapi orang2 yg dipercaya untuk menginformasikan berita gempa secara resmi malah memberikan sumber yg dimiliki oleh negara lain.

barajakom mengatakan...
on 

wah gempanya dahsyat bro, saya merasakannya
saya kira mo kiamat, ingat dosa jadinya, Swear...

kakarmand mengatakan...
on 

teringat kembali..

Posting Komentar

tukeran link

Copy paste di blog anda
Photobucket

BUKU BACAAN


Masukkan Code ini K1-BD5CD8-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Add to Technorati Favorites

 

Copyright © 2009 by ilmu internet